Sabtu, 23 November 2013

Pertimbangan Makan di Gerai Cepat Saji



Anggota kelompok Softskill (3EA06)
DHANIA SORAYA                                     11211982
EKA SEPTIANI                                          12211360
OLIVIA ELSA ANDIRA                             15211463
RIRIN DWIASIH                                        16211263
WULAN AQSARI WAHYUNINGSIH         17211470
 
 
 
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Pernahkan anda mendengar tentang istilah “Fast Food” atau makanan cepat saji ? Dan pernah kah anda berpikir mengapa orang-orang banyak yang menyukai makanan-makanan cepat saji ?mereka lebih suka datang ke tempat makan cepat saji untuk makan disana atau sekedar membelinya dengan sistem take away . Jawabannya banyak orang beranggapan makanan “Fast Food” atau cepat saji ini adalah pilihan mereka untuk makan secara praktis dan makanan yang datang atau tersaji dengan cepat tanpa mereka harus menunggu lama untuk menunggu makanan mereka datang,di samping itu makanan cepat saji adalah makanan yang praktis untuk dikonsumsi,baik langsung dimakan ditempat ataupun dibawa pulang,karena setiap restoran tempat makan saji selalu memiliki sistem “take away” dengan begitu pelanggan yang membeli dapat memesan makanan cepat saji tersebut lalu dibungkus untuk dibaawa pulang, ada juga restoran tempat makan saji yang selain memiliki sistem “take away” ada pula sistem “drive thrue” yaitu sistem atau cara dimana pembeli yang ingin membeli makanan cepat saji yang sedang mengendarai kendaraan atau sedang berkejaran dengan waktu sehingga tidak sempat turun dari kendaraan mereka untuk mengantri didalam meeka dapat memesan makanan melalui jalur ‘Drive Thrue” yang tersedia , dengan menggunakan layanan “drive thrue” tersebut pembeli dapat memesan makanan cepat sajiu dari dalam kendaaran mereka lalu melakukan pemnbayaran pun dilakukan di tempat tersebut. Tetapi memang tidak semua tempat makan saji memiliki layanan “drive thrue” tersebut. Meski begitu tempat makan cepat saji yang lainnya pun tetap banyak diminati oleh masyarakat . Sebagian masyarakat menyukai layanan makanan cepat saji karena alasan kepraktisan dalam membeli dan mengkonsumsi makanan tersebut . Dan mungkin beberapa nama-nama tempat makan fast food yang kita ketahui seperti Mcd , KFC , CFC , Hoka-Hoka Bento , Burger King , Klenger Burger , J.co, Dunkin Donuts , Pizza Hut dan masih banyak lagi .Dari beberapa tempat makan cepat saji yang telah disebutkan mungkin ada beberapa yang telah kita kunjungi atau bahkan sering kita kunjugi setiap kali kita ingin makan disana dengan berbagai menu yang disediakan tidak dapat dipungkiri kita pun pasti tergiur untuk membelinya . Datang ke tempat makan saji sebenarnya tidak semua bertujuan hanyak untuk sekedar makan disana , tetapi kebanyakan masyarakat yang datang kesana ada yang sekedar membeli makanan ringan atau minuman kemudia bersantai di tempat makan tersebut untuk memnfaatkan layanan WiFi yang tersedia ,atau bahkan hanya sekedar berkumpul bersama teman-teman atau keluarga karena lokasi tempat makan saji yang cocok untuk bersantai .
Dengan demikian, sebetulnya makanan cepat saji memang cukup membantu atau memudahkan kami para konsumen untuk dapat melepaskan rasa lapar dan ras aingin segera membeli makanan tanpa harus menunggu lama , karena kita kethaui makanan sepat saji adalah makanan yang prkatis untuk dikonsumsi dengan berbagai macam menu dan harga yang ditawarkan. Dengan adanya makanan cepat saji yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau maka tak heran banyak masyarakat dari anak-anak , remaja , bahkan kalangan dewas pun menyukai makan di tempat makan cepat saji . Namun para masyarakat yang mengkonsumsi makanan cepat saji harus menyadari resiko , karena makanan cepat cepat saji tidak semuanya menyehatkan dan tidak semua memiliki kandungan gizi yang baik .Maka jika sering mengkonsumsi makanan cepat saji sebaiknya diperhatikan pola hidup yang baik agar tetap sehat . Disini kami akan membahas sekilas tentang makan cepat saji J.co .




Profile J.CO 


J.co adalah tempat makan saji yang mengkhususkan makanan cepat saji dalam jenis donat, yogurt dan kopi. Perusahaan didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group seorang pemilik jaringan BreadTalk di Indonesia. J.CO diilhami dari donat USA.Johnny yang sering melakukan perjalanan bisnis ke USA, mendapatkan kesempatan menikmati berbagai jenis donat dengan rasa dan keunikan yang berbeda. Pada mulanya, ia ingin membeli waralaba suatu jaringan pemasaran donat USA, tetapi ia mendapatkan beberapa keterbatasan pada produknya. Keterbatasa itu ada pada bahan baku dan kelemahan dalam pengendalian kualitas.

 Johnny memutuskan untuk mengembangkan produksi donatnya sendiri tanpa harus membeli francise donat dari USA. Ia memilih untuk menghasilkan bentuk dan rasa donat yang sempurna sebagaimana yang pernah ia coba di USA, dengan memfokuskan secara khusus pada mutu bahan baku dan proses produksi. Di Indonesiaia kemudian mengembangkan sebuah gerai toko donat dengan konsep, bentuk dan rasa yang mirip dengan gerai donat USA. Johnny sejauh ini telah mengamati bahwa tidak ada satu pun gerai donat di Indonesia yang mempunyai konsep dapur terbuka, karenanya ia memulainya di J.CO. Maka, selain mempunyai rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat sebagai dapur terbuka sehingga konsumen-konsumen dapat melihat berbagai atraksi dalam pembuatan donat, dari mencampurkan bahan-bahan sampai menjadi donat siap dijual.

Donat J.Co dibuat menggunakan mesin-mesin, baik saat mencampurkan bahan-bahan, memasak dan membuat topping donat.Satu-satunya tenaga manusia yang dilibatkan hanya pada saat pencetakan donat. Yang juga menggunakan alat bantu cetakan.
Semua mesin yang digunakan sepenuhnya diimpor dari USA.Begitu juga dengan bahan-bahan dasar, lebih dari 50% diimpor dari luar negeri. Seperti cokelat yang diimpor dari Belgia dan susu dari Selandia Baru. Juga, untuk minuman, bahan-bahannya kebanyakan diimpor pula.Sebagian kopi bubuk diimpor dari Italia dan Costa Rica.Berdasarkan semua inilah, J.CO diposisikan sebagai produk bermutu premium di pasaran donat Indonesia.
Sebagian pihak mungkin berpendapat bahwa logo J.CO memiliki kemiripan dengan logo Starbucks, tetapi jika diperhatikan dengan teliti, itu berbeda. Bentuk bulatnya boleh jadi sama, tapi itu bukanlah sebuah trademark.

J.CO Donuts & Coffee menggunakan simbol burung merak pada logo mereka.Merak ini menyimbolkan keindahan, kerapian, kelembutan dan keabadian.
Keindahan dan kehalusan dicerminkan dari rasa dan bentuk donat.Sementara keabadian dapat dilihat dari kesetiaan konsumen yang bersedia berdiri mengantri panjang di gerai-gerai hanya untuk mendapatkan donat J.CO favorit mereka.

Masing-masing donat dinamai secara kreatif berdasarkan topping dan rasa. Hal ini menciptakan suatu keunikan dan mudah untuk diingat, sebagai contoh, Chees Me Up adalah nama untuk donat dengan keju leleh di lapisan atas. Tira Miss U adalah nama untuk donat dengan topping tiramisu.

Johnny membutuhkan tiga tahun sebelum meluncurkan J.CO Donuts & Coffee ke pasar Indonesia. Tiga tahun digunakannya untuk mempersiapkan standar dan prosedur produksi, pemilihan bahan baku, memperbaiki mutu dan proses produksi produk, serta operasional bisnis.

Bagaimana pun, J.CO telah hadir di pasar Indonesia.Toko yang pertama dibuka di Supermall Karawaci Tangerang (tidak jauh dari Jakarta) pada tanggal 26 Juni 2005. J.CO Donuts & Coffee di Indonesia semuanya dikendalikan dan dimiliki oleh Jhonny sendiri, sedangkan toko-toko di luar negeri diwaralabakan, yang mana kita mengetahui bahwa waralaba J.CO Donuts & Coffee Singapura dimiliki oleh kelompok BreadTalk.

Visi Misi J,co
Burung Merak pada logo J.co Donuts and Coffee representasi visi misi perusahaan. 
Visi
1.Membentuk J.Co Donuts and Coffee sebagai International Premium Donuts and coffee Brand terkemuka.
2. Menjadi trend-setting lifestyle dalam donuts and coffee brand
3. Menjadi perusahaan yang tepat bagi orang-orang yang tepat dalam meraih cita-cita mereka.

 Filosofi Logo
Beberapa orang mengatakan logo J.Co Donuts and Coffee mirip dengan logo sturbucks . Batas melingkar mungkin sama, tapi bukan merek dagang. J.Co Donuts and Coffee menggunakan logo burung merak dalam logo mereka. Merak disini melambangkan keindahan ,elegan , kelembutan,dan keabadian. Keindahan dan kelembutan mencerminkan bentuk rasa donat.Sementara keabadian dapat di lihat dari loyalitas yang bersedia berdiri dalam antrian panjang ditoko-toko untuk mendapatkan donat favorit mereka.

Produk
J.Co Donuts and Coffee hadir ditengah masyarakat dengan beberapa jenis produk yang ditawarkan.Produk-produk yang dimaksud meliputi donat,kopi,coklat serta produk terbarunya ,Yoghourt. Setiap donat diberi nama kreativ sesuai topping,dan rasa. Ini menciptakan sebuah keunikan dan mudah mengingat nama sebagai contoh Cheese Mee Up adalah nama untuk nama donat dengan keju meleleh diatasnya,Tira Miss U adalah nama dari donat dengan rasa tiramisu.
Berikut nama-nama produk yang ditawarkan J.Co Donuts and Coffee :
Hazle Dazzle,Glazzy , Alcapone , Coco Loco , Cheese Me Up, Miss Green T , Why Nut ,J.crown Oreo , Da vin cheez , Mona pisa , Heaven Berry , Forest Glam ,J.Co Praline ,J.co Yoghurt, Choco Forest Freeze , J.pops dan masih banyak lagi.
Pertimbangan kami memilih tempat makan cepat saji J.co Donnuts & Coffee karena rasa dari produk J.co cocok dilidah kami dan struktur dari donatnya lembut serta banyak varian rasa , selain produk donat ada pula minuman seperti  Coffe , Oreo , Mocca , Greentea , Hot Chocolate, dll . minumannya pun terdapat yang panas dan yang dingin selain itu J.o pun menawarkan produk Youghurt dengan berbagai topping . Dilihat dari harganya menurut kami cukup terjangkau ,dan menurut kami tempatnya sangat nyaman kumpul-kumpul bersama teman dan ada WIFI nya . Kelebihan J.co lainnya yaitu setiap membeli 1 minuman gratis 1 donat.
PENUTUP

Kesimpulan
Perkembangan dunia kuliner memang sangat pesat , dan kini sudah semakin banyak restotan tempat makan yang menyediakan makanan cepat saji atau fast food. Masyarakat sangat menyukai makanan cepat saji rata-rata mereka beralasn karena makana cepat saji sangat praktis untuk dikonsumsi dan restoran atau took-toko makancepat saji pun sekarang sudah dengan mudah ditemui karena sidah tersebar di mana-mana sehinggas memudahkan para masyarakat yang membutuhkan makanan cepat saji tersebut .Dengan megkonsumsi makanan cepat saji atau mendatangi restoran dan took-toko makanan cepat saji juga menjadi sebuah gaya hidup masyarakat masa kini dimana mereka menyukai makanan-makanan cepat saji yang praktis dan sangat udah untuk mendapatkannya.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar