Kamis, 10 November 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

      Cinta kasih adalah perasaan suka dan sayang yang datang atau tumbuh dari dalam hati dengan ketulusan dan kesucian. Perasaan Cinta dan kasih merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa. Tuhan menganugerahkan rasa cinta dan kasih kepada mahkluk ciptaannya agar tercipta rasa damai dalam kehiduoan ini. Setiap manusia dimuka bumi ini diberikan perasaan untuk saling mengasihi dan menyayangi kepada sesama.Dan manusia pun mempunyai hak untuk dicintai dan dikasihi serta memiliki kewajiban untuk memberi kasih sayang dan memeberi rasa cintanya pada sesama dan menurut saya ada beberapa rasa cinta kasih dalam kehidupan ini,yaitu :
1. Cinta kasih kepada Tuhan
2. Cinta kasih kepada sesama mahkluk ciptaan Tuhan.

Cinta kasih kepada Tuhan yaitu perasaan cinta kita kepada sang pencipta . Kita wajib mempunyai rasa cinta dan kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Dia lah yang telah menciptakan kita  , memberi kehidupan,dan agar kita pun bisa di cintai dan di sayangi oleh Tuhan. Bentuk rasa cinta kasih kita kepada Tuhan yaitu dengan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Lalu yang kedua adalah cinta kasih kepada sesama mahkluk ciptaan Tuhan. Makhluk ciptaan Tuhan yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.
Sudah sewajibnya kita maenpunyai rasa cinta dan kasih kepada sesama manusia. karena agar tercipta kehidupan yang damai dan tentram . Tidak ada perselisihan atau kekacauan .
Sikap cinta kasih kepada sesama manusia yaitu saling menghargai satu sama lain, toleransi , dan tenggang rasa, dan juga bersikap sesuai dengan norma-norma yang berlaku dan menjaga Hak Asasi Manusia. Jika semua orang didunia ini mempunyai kesadaran sendiri betapa pentingnya sikap cinta kasih kepada sesamanya maka insya allah kehidupan ini akan terasa indah . Tidak ada kasus pembunuhan atau bentuk penganiayaan lainnya yang sungguh tidak patut untuk dicontoh atau dilakukan oleh siapapun.
Disamping itu tindak penganiayaan pun sangatlah berdosa di mata agama dan juga merugikan orang lain dan diri sendiri tentunya.
Bentuk cinta kasih kepada sesama lainnya adalah yang paling harus diutamakan adalah cinta kasih kepada kedua orang tua kita , karena mereka orang mulia yang berjasa besar terhadap kita,terutama ibu .. karena ibu lah yang telah mengandung kita selama 9 bulan dan  melahirkan kita dengan penuh perjuangan mempertaruhkan nyawanya untuk kita. Maka ibulah orang pertama yang harus kita muliakan kita hormati dan kita sayangi setulus hati. Lalu Ayah, ayah pun adalah orang yang banyak berkorban untuk kita, maencari nafkah untuk kita dan keluarga, guna memenuhi kebutuhan kita. bekerja mati-matian demi keluarga, hal itu tidak boleh kita abaikan , kita pun harus menghormati dan menyayangi ayah.
Cinta kasih yang lainnya kepada kerabat,sahabat,dan teman-teman, dan kepada orang yang lebih muda dari kita dan yang lebih tua dari kita .
sesama manusia dan sesama makhluk ciptaan Tuhan hendaknya saling menyayangi dan mencintai satu sama lain agar hidup ini terasa bahagia dna nyaman. Cintailah dan kasihilah oarang-orang disekitar kita.

Manusia pun mempunyai keharusan memilki rasa cinta kasih kepada hewan dan tumbuhan dengan sikap tidak menyakiti hewan dan binatang serta tidak merusak tumbuhan ,karena walaupun hewaan dan tumbuhan tidak seperti manusia namun hewan dan tumbuhan pun adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Manusia perlu bahkan sangat di haruskan mempunyai rasa Cinta Kasih kepada semua mahkluk Hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,terutama cinta kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai sang Pencipta dan pemilik seluruh alam ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar