Sabtu, 03 Mei 2014

KARANGAN ILMIAH



Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan/atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).

Tesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2.
Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.

Karangan Ilmiah Populer

Karya tulis semi ilmiah atau karangan ilmiah populer merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya. Karya tulis ini juga merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan dalam kary tulis ini. Karya tulis semi ilmiah biasanya digunakan dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.

Jurnal

Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamphlet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan.

Sumber :

1. http://lengkapskripsi.blogspot.com/2013/07/pengertian-dan-perbedaan-skripsi-tesis.htm
2. http://gatotbukankaca.weebly.com/bahasa-indonesia-2-karangan-ilmiah-non-ilmiah-dan-ilmiah-populer.html
3.
http://id.wikipedia.org/wiki/

Soal :
1.      Terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan disebut …
a.       Jurnal *
b.      Tesis
c.       Skripsi
d.      Disertasi
2.      Sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya adalah pengertian dari …
a.       Metode Ilmiah
b.      Karangan Ilmiah Populer *
c.       Karangan Ilmiah
d.      Skripsi
3.      Karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2 disebut …
a.       Disertasi
b.      Skripsi
c.       Tesis *
d.      Penulisan Ilmiah
4.      Karya Ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S1 disebut …
a.       Penulisan Ilmiah
b.      Tesis
c.       Disertasi
d.      Skripsi *
5.      Karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S3 disebut …
a.       Disertasi *
b.      Skripsi
c.       Penulisan Ilmiah
            d.      Tesis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar