Minggu, 08 Januari 2012

Pernikahan di Suku Baduy ,mas kawinnya cuma 1000 rupiah ??

Indonesia memang banyak banget budaya nya , dari ujung Sumatera sampe ujung Papua sono , entahhhhh ada brapa ribuu jenis adat dan budayanya .. yg pasti banyaknya pake bangettt,, subhannalah.  :))

disini gue tertarik buat nyeritain adat suku baduy, . Baduy itu ,terletak di Provinsi Banten, tepatnya gatau dimana karena gue ga lahir disitu ,dan gue bukan gubernur disana hihihi :D 
. emm disana  itu termasuk daaerah pedalaman juga sih kayanya , tapi sumpret dahh,, tempatnya tuh asriii bgt , asli pedesaan , #sok tau. Padahal gue sendiri belom pernah kesana tapi gue sok tau ,hha,, gue taunya juga dari acara di Tv men ,, haha di acara Jelajah tuh sukaaa adaa, nah gue taunya dari situ ,, hehehe.

Baduy itu banyaaakk bgt keragaman budaya nya , dari jenis rumahnya , pakaiannya , bahasanya , adat2nya , dll deh.
Masyarakat suku baduy menggunakan bahasa sunda untuk berkomunikasi sesama warga baduy. karena kan masih termasuk jawabarat .
kalo yang gw denger di acara jelajah itu, orang baduy menggunakan bahasa sundanya , sunda wiwitan , entah kaya gimana sunda wiwitan itu , tapi gw sih pernah denger tuh sunda wiwitan . 
tapi kalo komunikasi sama penduduk luar mereka pake bahasa indonesia biasa , malah lancar bgt katanya .


Nahhhhhhh...sebenernya bukan itu yg mau gue bahas .. tapiiii .. *jengjeng*.. baca dong judul artikel gw ini , " Pernikahan di Suku Baduy ,mas kawinnya cuma 1000 rupiah ??" itu yang mau gue bahas , hehe 

gw ngebahas ini bukan berarti gue udah pernah nikah disana lho ,,, , tapi gue pernah jadi penghulu disana , hahaha. lagi2 gue taunya dari acara di Tv , gue nonton adat pernikahan di baduy kok mas kawinnya cuma peke uang 1000 rupaih doang,, gilaaaaaaaaa.. secengg men,,, kalo buat kita2 ditawarin nikah dengan mas kawin serebu ruppiaahh ,,pastiiiiiii pada emosi jiwa semuaaa dahh,dan timbul pertanyaan "emangnya gue cwe apaan .lo bayar serebu?" haha.  tapi di suku baduy , bener2 cuma pake uang 1000rupiah , (gw gatau semua warga begitu atau cuma dia doang , gw gatau) soalnya ga dijelasin juga di Tv nya itu , hehe.

pada umumnyaa cara pernikahan disana ya sama aja kayak pernikahan biasanya , ada penghulu, saksi dan wali ,yang pasti ada calon mempelainyaaaa.  tapi ada sesuatu yang jauuuuhh berbeda bgt sama pernikahan biasanya , gak cuma mas kawin hanya 1000 ruppiah, tapi ijab kabul nya juga beda coyy .. Di pernikahan biasa kan , penghulu salaman tuh sama mempelai cowonya , kalo dibaduy  kaga begitu , malah kaya ngobrol biasa ajaaa gitu , ga pake salaman . pokonya penghulunya ngomong apaaaa gitu , gue ga tau artinya , trus di jawab deh sama mempelai cowonya , truss dia ngerluarin duit 1000 rupiahnya itu , (tanpa di bingkai, tanpa di amplopin , tanpa di bungkus ) trus langsung dikasihin ke mempelai cewenya , trusss Sahhh dehh ,, #pusing gueeee .. -____-

truuussss selain itu ,,di suku baduy itu kebanyakan tuh pada nikah muda , umur 16 th udah dinikahin .. 
bayangkannnn !!!
cwenya umur 16 , cwonya umur 17 punn boleh menikah , dengan mas kawin 1000 rupiah pun boleh nikah !
kalo gue niii , umur segitu nikah , dengan mas kawin 1000 pulaaa,,, gak akan ada restu dari my mom and dad .#prett .
tapi gue yakin gue boleh nikah dengan keadaan sperti itu , kalo ge tinggal di baduyy ,dan gue asli baduy. hehehe...

tuuhh,, yang udah kebelet pgn nikah ... lu pindah aja sonoo ke baduy ,, jadi warga suku baduy .. biar bisa nikah muda dengan mas kawin cuma 1000 aja , lu dah bsa punya bini , punya laki . hehehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar